BlackBerry Bikin Perusahaan Baru, buat Apa?

KOMPAS.com — BlackBerry mengumumkan akan menciptakan unit bisnis baru bernama BlackBerry Technology Solutions, Senin (18/8/2014), yang salah satunya akan mengembangkan produk solusi teknologi kriptografi guna meningkatkan keamanan data pengguna.

Aplikasi kriptografi yang dikembangkan BlackBerry Technology Solutions akan diberi nama Certicom. Ia akan mendukung produk keamanan lainnya yang selama ini menjadi fokus BlackBerry, seperti layanan BlackBerry Enteripse Service (BES) untuk pelanggan korporasi.

BlackBerry Technology Solutions atau disingkat BTS akan dipimpin oleh Sandeep Chennakeshu sebagai presiden.

Sandeep juga dikenal sebagai penemu. Kiprahnya selama 25 tahun di industri teknologi mencatatkan namanya sebagai penemu atas 73 paten dalam teknologi nirkabel, elektronik, dan semikonduktor.

Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai President Mobile Platforms Ericsson dan Chief Technology Officer Sony-Ericsson.

Selain Certicom, BlackBerry Technology Solutions juga akan mengembangkan peranti lunak QNX dan mengembangkan Project Ion (yang fokus pada platform aplikasi internet). Perusahaan ini memiliki aset paten sebanyak 44.000. Di dalamnya juga termasuk perusahaan teknologi antena Paratek yang dibeli oleh BlackBerry pada 2012 lalu.

CEO BlackBerry John Chen mengatakan, unit bisnis baru ini merupakan aset strategis yang memiliki potensi untuk mengatasi masalah keamanan komunikasi.

"Menggabungkan semua aset ini menjadi unit bisnis tunggal yang dipimpin oleh Sandeep akan menciptakan sinergi operasional dan arus pendapatan baru, melanjutkan strategiturnaround kami," ujar Chen dalam siaran pers.

Komentar