Google Buka Kursus "Online" Bikin Aplikasi Android

KOMPAS.com — Sistem operasi Android yang bersifat terbuka (open source) memungkinkan banyak pengembang membuat berbagai aplikasi. Namun, terkadang, mereka tidak tahu harus memulai dari mana. Google coba memberi solusi atas masalah itu dengan membuka kelas online untuk membuat aplikasi Android.

Bekerja sama dengan Udacity, organisasi yang menyediakan akses belajar melalui internet untuk siapa saja, Google membuat kursus "Developing Android Apps: Android Fundamentals".

Program tersebut ditujukan untuk pengembang yang tertarik dengan Android tetapi belum memiliki pengalaman seperti apa membuat aplikasi dalam sistem operasi itu. Dalam kursus tersebut, peserta akan mendapatkan pelatihan langsung dari Google Developer Advocate.

Selain diajarkan bagaimana cara membuat aplikasi Android, peserta juga akan mendapatkan pelatihan pengembangan aplikasi mobile secara umum serta pengembangan Android secara khusus.

Materi kursus yang bisa diakses secara online di situs Udacity tersebut berupa video, kuis, dan forum. Google juga menyertakan dokumen-dokumen pembelajaran, contoh aplikasi, serta video tutorial.

Dikutip dari The Next Web, biaya yang dipatok Google untuk kursus online ini adalah 150 dollar AS per bulan. Sebagai percobaan, peserta akan mendapatkan kursus gratis selama dua pekan.

Komentar